Selasa, 16 Oktober 2012

Copast dan repost..(Lagi! tulisan ge dicopast!)


Anyway...gue nggak mau terlalu banyak omong, secara to the point aja nih, dipostingan gue yang kali ini gue mau ngebahas tentang copast dan repost.
Gue rasa, semua juga tau kan, kalau copast dan repost itu dua kata dengan makna yang berbeda. Yup! copast itu berasal dari copy paste yang maknanya kurang lebih sama dengan menyalin, menggandakan. Kalau repost itu asalnya dari kata re dan post atau kalau diartiin kurang lebih maknanya....memposting ulang atau mengedarkan suatu karya untuk kedua atau kesekian kalinya. At least, itu yang gue pahami.
Dan buat gue, jelas dong status orang yang me-re-post lebih baik daripada orang yang meng-copast suatu karya milik orang lain. Orang yang me-re-post jelas nggak mengakui kalau apa yang dia perbanyak itu adalah hasil buah tangan dia. Nah, kalau dia yang mengcopast, jelas mengakui atau menganggap, merasa bahwa apa yang dia share itu adalah hasil jerih payah dia.

Actualy, alasan gue ngebahas hal ini dipostingan saat ini karena gue prihatin akan merajalelanya plagiat-plagiat hasil karya anak ICL. Iyah! selain beberapa temen fb gue yang karyanya dicopast, again and again tulisan gue dicopast sama orang yang sama! @diandraaas sayang tuh acc twitter udah deact, sedangkan dulu acc facebook gue diblock (setelah gue ngebom dia dengan berbagai macam bukti kalau gue penulis asli atas semua cerita yang dia akuin sebagai karya pribadi dia) btw buat kalian yang penasaran siapa orangnya, usname fbnya adalah "DIANDRA AYU SEPTYARINI" nih link fbnya http://www.facebook.com/widilloy dan ini link notesnya http://www.facebook.com/profile.php?id=100000659050444&ref=ts&sk=notes

nah, tulisan gue yang dicopast sama dia diantaranya :

Cinta Pertamaku, Cinta Terakhirmu. Cerpen ini dia share di salah satu fbfc Idola Cilik

Aku (masih) Ingin Bersamanya. Cerpen ini dishare di fbfc Cerpen Cerbung STANZA, judulnya diganti menjadi "Karena Allah" dan pemain yang awalnya CakFy dia ubah jadi anak STANZA.

Dulu, Hari Ini dan Selamanya. Cerpen ini awalnya bercouple RiFy, terus sama dia diganti menjadi anak-anak CJR dan dia share di fb pribadi dia.

Cinta Untuk Rio. Dia share di fb dia pribadi, judulnya diganti menjadi "Cinta Untuk Vadi" yang otomatis couple yang tadinya RiFy diganti jadi apaan tau.

Terakhir, Mini cerbung punya adek gue @whiteangel05 yang judulnya "Faithful is Painful" yang semula tokohnya Alvin-Ify-Rio diganti jadi anak-anak SM*SH

(Tulisan-tulisan itu bisa kalian check juga difb & blog gue ini)
Banyak banget gilaaa...dia tuh niat banget gitu ngecopast-copast tulisan gue. Perasaan gue campur aduk tapi sayang gue ga bisa apa-apa! Jadi gue kasih saran buat para penulis fb hati-hati sama orang itu. Kita kan nulis pake tangan, otak, hati, semua bekerja biar hasilnya maksimal eh tu plagiat sat malah sesuka hatinya aja ngaku-ngaku apa yang bukan hasil dia.
Apa enaknya sih, di pujia atas hasil karya orang lain?!!

Dan buat kalian-kalian yang emang niatnya nge-re0post! not copat! jangan lupa izin, dan pas ngepost sertakan kata "repost" kalau perlu sertain  ID penulis aslinya. Okay guys! Dan buat yang pernah copast punya gue tapi udah minta maaf, serius gue udah maafin dan gue anggap clear! Tapi khusus buat DIANDRA....Demi Tuhan gue ga ridho dunia akherat!

Cheers!

@sugargirl08

0 komentar:

Posting Komentar